Logo
(021)22833250fco@fcolaw.id
Jalan Tebet Timur Dalam Raya No. 24, Jakarta Selatan
Header Contact InformationHeader Contact Information
Aturan Pelarangan Cantrang Bukan Dicabut Atau Dibatalkan, Hanya Ditunda Sementara

Aturan Pelarangan Cantrang Bukan Dicabut Atau Dibatalkan, Hanya Ditunda Sementara

(JAKARTA - KANAL HUKUM) Seperti yang diberitakan berbagai media massa, usai melantik Lima Pejabat Negara yang baru pada Rabu (17/1/2018), Presiden Joko Widodo menerima lima perwakilan nelayan yang tergabung dalam Aliansi Nelayan Indonesia (ANI), yang saat itu tengah menggelar unjuk rasa di dekat Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Usai pertemuan tersebut Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyampaikan kepada ribuan nelayan bahwa ijin penggunaan cantrang diperpanjang tanpa batasan waktu, tapi tidak boleh menambah kapal

Terkait dengan aturan pelarangan penggunaan cantrang bagi para nelayan menuai banyak penolakan. Anggota DPR RI Rahmad Handoyon menilai bahwa aturan pelarangan penggunaan cantrang ini tidak dicabut ataupun dibatalkan, melainkan ditunda sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

“Pemerintah tidak mencabut atau membatalkan aturan pelarangan penggunaan cantrang dan sejenisnya, namun hanya menunda sampai batas waktu yang tidak ditentukan,” ujar Anggota Komisi IV DPR RI Rahmad Handoyon ini di ruang rapat Komisi IV DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (18/1/2018).

Lanjutnya pria yang akrab disapa Rahmad, penundaan aturan pelarangan cantrang tersebut sifatnya hanya sementara sampai nelayan benar-benar siap untuk bisa terlepas atau pindah ke alat penangkapan ikan lain yang dinilai lebih ramah lingkungan.